Objek Wisata di Cirebon Ini Wajib Kamu Kunjungi | CariTau..!!

Diposting pada

Mendengar kata wisata pasti akan merasakan gairah kita. Kesegaran alam sudah ada di dalam pikiran. Buat daftar wisata ke tempat wisata tentunya tidak boleh dilewatkan. Mulai dari pantai hingga puncak memang banyak diminati pemburu tur.

Selain menjadi tempat jamaah haji, kota Cirebon juga tidak banyak melakukan objek wisata. Salah satunya adalah Pejaten. Kawasan ini merupakan obyek wisata gunung yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon. Tepatnya di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon Utara. Jarak dari kota Cirebon sekitar 17 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Situ Pejaten adalah aset Desa yang sangat kompetitif untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang sangat terjangkau dan nyaman. Situ Pejaten adalah bagian administratif Desa Cikalahang yang memiliki luas ± 5,5 Ha. Kawasan ini pada awalnya merupakan daerah penambangan pasir, batu kapur dan batuan berbatu dalam kategori mineral C yang dikelola masyarakat sekitar. Namun pada akhir tahun 2009, Situ Pejaten berubah bentuk dan fungsinya menjadi daerah yang bisa dijadikan objek wisata.

Baca Juga :  Menyusuri Indahnya Taman Nasional Indonesia | CariTau..!!

Situ Pejaten terletak di antara perbatasan Kuningan dan Majalengka dengan ketinggian 300 Mdpl. Dikelilingi oleh sumber udara yang melimpah, bisa jadi sumber irigasi bagi masyarakat. Tak hanya itu, sebelum memasuki kawasan ini ada Restoran Bakar yang bisa menunjang faktor pariwisata di sekitar kawasan. Hal ini memudahkan pengunjung untuk beristirahat dan makan bersama keluarga mereka.

.Tetapi masalahnya adalah minimnya minat wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Kurangnya pengelolaan juga menjadi penyebab masalah ini. Desa akan membuat kawasan Pejaten lebih atraktif. Dengan sumber udara yang melimpah, pepohonan hijau, suasana sejuk dan panorama pegunungan Ciremai, akan memanjakan pemandangan mereka. Selain itu, pihaknya juga berencana membangun pariwisata berbasis teknologi modern (waterboom / park). Melihat kesesuaian kawasan dan diserahkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI untuk mendukung rencana tersebut. Situ Pejaten lebih dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata dan Kabupaten Cirebon menjadi Kota Wisata. Selain itu juga akan meningkatkan mata pencaharian Kabupaten Cirebon.

Setelah sekian lama fungsi Pejaten situ, diharapkan bisa memberikan integritas dalam mendukung struktur kehidupan masyarakat. Bisa jadi kawasan wisata Desa. Itulah harapan masyarakat di desa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.