Mau Jadi Penulis Hebat Ikuti 6 Tips dari Remy Sylado | CariTau..!!

Diposting pada

2. Tiru cara menulis dari para penulis hebat

remy sylado
Salah satu penulis hebat di Indonesia adalah Pramoedya Ananta Toer (Sekelumitpandang)

Bagi Remy Sylado, meniru cara menulis dari para penulis hebat bukanlah sebuah kejahatan. Apalagi buat yang lagi belajar jadi penulis. Dengan meniru gayanya, maka seseorang bisa belajar cara menulis yang baik.

Tapi ingat, konteks meniru di sini bukan berarti menjiplak atau plagiat karya orang. Melainkan belajar mengikuti gaya menulis dari penulis yang udah hebat itu tadi.

Pada dasarnya, kata Remy, ketika seseorang memasuki dunia kreatif, dia akan menjadi epigon atau jadi peniru terlebih dahulu. Setelah proses menjadi epigon berakhir, maka seorang penulis diharapkan menemukan jati dirinya sendiri.

3. Jangan bicara teori

remy sylado
Jangan peduliin teori menulis. Kalau mau nulis ya nulis aja (Fakhrurrojihasan)

Kalau mau jadi penulis, simpan dulu deh teori-teori soal cara menulis. Menurut Remy, kalau mau menulis, baik itu untuk cerpen, novel, atau puisi, ya tulislah. Jangan sampai teori-teori cara menulis membebani para penulis. Akhirnya tulisannya gak jadi-jadi.

Nah, kamu juga bisa ikuti nasihat ini. Kalau mau nulis sesuatu, ya nulis aja. Jangan dulu pikirin teori ini dan itu. Singkatnya, tulislah apa yang ada di benakmu. Urusan edit-mengedit itu belakangan.

4. Bikin ide tulisan yang berbeda dari penulis lain

Siapa sih penulis yang gak mau bukunya banyak dibaca orang? Gak mungkin ada. Orang jadi penulis karena bukunya pengin dibaca kan?

Tapi banyak juga penulis yang karyanya ditolak penerbit. Alasannya beragam. Bisa jadi karyanya gak menarik bagi pihak penerbit. Atau ide karya yang ditulisnya sudah banyak ditulis orang.

Nah, untuk hal ini, Remy mengingatkan kepada para penulis. Sebaiknya para penulis pemula belajar membuat ide original ketika akan menulis. Atau ide yang berbeda dengan para penulis lain.

Jika ide tersebut original dan ekslusif, bisa jadi karyanya banyak dibaca orang. Kalau udah dilirik banyak orang dan laku keras, maka secara bertahap namanya akan dikenal. Kalau udah dikenal, penerbit mana sih yang berani nolak?