Mau Jadi Penulis Hebat Ikuti 6 Tips dari Remy Sylado | CariTau..!!

Diposting pada

Adakah seniman di Indonesia yang serba bisa? Jawabannya ada. Dia adalah Yapi Tambayong atau lebih tenar dengan panggilan Remy Sylado.

Remy Sylado adalah seorang aktor, pelukis, dramawan, jurnalis dan juga sastrawan. Sebagai sastrawan, buku-bukunya banyak diterbitkan dan sebagiannya laku di pasaran.

Sebut saja misalnya novel “Ca Bau Kan”, “Hotel Pro Deo”, hingga novel “Namaku Mata Hari”. Atau antologi puisi “Mbeling” yang sempat menggegerkan kesusastraan Indonesia.

Bagaimana seorang Remy Sylado bisa menulis puluhan buku yang banyak dibaca orang? Yuk simak tips menjadi penulis hebat ala Remy Sylado yang dia utarakan kepada DuitPintar di acara peluncuran buku Niswasa di Jakarta beberapa waktu lalu.

1. Menjadi penulis harus banyak membaca

remy sylado
Jangan jadi penulis kalau gak seneng baca (Prensalibre)

Salah satu syarat menjadi penulis yang baik menurut Remy Sylado adalah menjadi pembaca karya penulis yang baik juga. Menulis tanpa membaca sama aja bohong.

Dengan banyak membaca, seorang penulis bakal dapat gagasan dari hasil bacaannya. Bacaan tersebut secara gak langsung akan menginspirasi penulis.

Semakin banyak penulis membaca, semakin banyak pula ia memiliki ide yang bisa dituangkan dalam topik yang akan dituliskannya.

Remy sendiri mengaku sejak duduk di SD dia udah banyak baca karya para sastrawan Indonesa dan asing. Dan sejak SMP dia udah mulai menulis karya sastra.

[Baca: Jika Budaya Malas Membaca Tetap Dipelihara, Jangan Mengeluh Jadi ‘Orang yang Tertindas’]

Baca Juga :  8 Karakter Ini Bisa Buat Kamu Jadi Orang Sukses?! | CariTau..!!

Intinya, banyak membaca bakal merangsang kemampuan menulis seseorang. Gak percaya? Coba buktikan sendiri.