Lakukan Aktivitas Sederhana ini Untuk Menjaga Kesehatan | CariTau..!!

Diposting pada

Lakukan Aktivitas Sederhana ini Untuk Menjaga Kesehatan

Kegiatan olahraga terkadang bisa melelahkan dan merepotkan, terutama saat beraktivitas di perkantoran dan rumah ramai. Namun, untuk kesehatan optimal, Anda harus melakukan aktivitas fisik untuk menghindari penyebaran berbagai penyakit. Karena kesehatan sangat berpengaruh terhadap aktivitas kita sehari-hari, bila kesehatan kita terganggu pekerjaan kita juga akan terganggu.

Berikut adalah beberapa kegiatan sederhana, mudah dan tanpa biaya yang dapat Anda lakukan kapan saja untuk menjaga kesehatan Anda.

Peregangan setelah bangun

"Membakar kalori terjadi karena suhu tubuh meningkat," dr. Hario Tilarso, ahli olah raga. Karena itu, peregangan setelah Anda bangun tidur. Juga duduklah di tepi ranjang dengan mengguncang kaki, lalu berjalanlah keluar ruangan ke kamar mandi atau tempat lain. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan suhu tubuh. "Melakukan pekerjaan rumah sehari-hari adalah suatu bentuk aktivitas fisik, selain olahraga, yang bisa membuat tubuh Anda sehat," dr. Hario.

Maksimalkan aktivitas bersepeda

Bersepeda memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi kerja jantung dan paru-paru, melatih kekuatan otot, menggores lemak, menstabilkan tekanan darah dan gula darah, mungkin sudah mulai menyempit. Bersepeda selama 30 menit akan membakar 400 kalori. "Anda bisa memaksimalkan manfaat bersepeda dengan menambahkan tantangan saat melakukannya," kata dr. Hario.

Baca Juga :  Mengenal Penyebab Timbulnya Jerawat | CariTau..!!

Pilih jalur menanjak yang membuat otot tubuh Anda bekerja maksimal. Sebagai alternatif, Anda masih bisa mengambil garis lurus, namun meningkatkan kecepatan karat. Lakukan selama 30 menit, dan Anda bisa membakar kalori hingga 600 kalori. "Jangan pakai jaket parasut atau jaket tebal saat berolahraga karena akan menyebabkan dehidrasi, dan Anda akan kehilangan energi," jelasnya.

Latihan perut otot di kantor

Untuk melatih perut, lakukan aktivitas berikut setiap kali Anda membuka email. Caranya, sekali ada e-mail baru yang ingin Anda baca, kencangkan harnessnya, dan sambil tetap duduk, angkat kaki dari lantai. Lalu tunggu sebentar. Latihan sederhana itu bisa memperkuat perut bagian bawah dan mengurangi risiko sakit punggung.

Beryoga momentak

Terlalu lama duduk sambil bekerja bisa membuat punggung dan pinggang sakit. "Sesekali relaksasi dengan gerakan yoga," kata Yudhi Widyantoro dari Happy Yoga. Untuk merilekskan punggung dan pinggang, lakukan jok kursi. Mulailah dengan posisi duduk santai dengan badan menghadap ke depan. Lalu, pegang sisi kanan kursi dengan tangan kiri, putar tubuh perlahan ke kanan. Tahan sampai beberapa detik, dan rasakan kekakuan bagian tengah punggung ke pinggang. Buat arah yang berlawanan. Langkah selanjutnya adalah membungkuk, dan meraih kedua kaki dengan kedua tangan. Tahan selama beberapa detik.

Baca Juga :  Menjaga Kondisi Agar Selalu Produktif Dengan Minum Air Putih | CariTau..!!

Berjalan

Menurut studi Kandidat Eropa dalam Kanker dan Gizi melibatkan 334 ribu orang, melakukan puasa 20 menit sehari-hari dapat mengurangi risiko kematian dini dari 16 persen sampai 30 persen. "Ini pesan sederhana," kata Profesor Ulf Ekelund, salah satu peneliti.

"Hanya dengan melakukan aktivitas ringan dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang baik bagi orang yang tidak aktif secara fisik." Anda bisa mengajak keluarga aktif melakukan aktivitas fisik. Misalnya, lingkaran peta di sekitar rumah berjarak satu kilometer. Kemudian, mintalah anggota keluarga untuk melakukan perjalanan dalam radius mil dengan berjalan kaki. Berjalan sejauh satu kilometer bisa membakar sekitar 62 kalori. Dan, berjalan rutin terbukti bisa mencegah demensia, depresi dan gangguan jantung.

sumber : lysium

Lakukan Aktivitas Sederhana ini Untuk Menjaga Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *