GUNUNG INERIE, PIRAMIDA YANG DILINDUNGI DEWA-DEWA | CariTau..!!

Diposting pada

GUNUNG INERIE, PIRAMIDA YANG DILINDUNGI DEWA-DEWA

Gunung Inerie adalah salah satu gunung berapi tertinggi di pulau Flores. Gunung ini memiliki ketinggian 2.245 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Pulau Flores. Dari kota Bajawa kita bisa melihat gunung Inerie seperti piramida sempurna dan menghadap gunung Ebulobo.

Gunung Inerie adalah simbol kebanggaan desa Adat Bena, Bajawa Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sangat dipuja dan dimuliakan oleh masyarakat setempat. Inerie Mountain dianggap ibu oleh penduduk desa Bena. Nama Inerie berasal dari kata "Ine" yang berarti ibu, dan "Rie" yang berarti cantik. Jadi Gunung Inerie adalah ibu yang cantik

Menurut mitos orang setempat, dikatakan di bagian atas Inerie untuk tetap menjadi dewa pengawal keharmonisan Flores. Salah satunya adalah tuhan ksatria Jaramasi yang dipercaya tinggal di sebuah batu besar yang terletak di sisi selatan gunung. Jaramasi adalah ayah dari Inerie yang dikuburkan di puncak gunung dan mengendalikan orang-orang yang meninggal di gunung.

Baca Juga :  Musim Hujan dan Mau Liburan , Pilih 5 Tempat Wisata Ini | CariTau..!!

Inerie Gunung Inerie terlihat dari semua sisi desa, membuat masyarakat yakin bahwa Gunung Inerie memonitor aktivitas mereka. Karena itu, kehidupan penduduk desa Bena masih sangat tradisional tanpa menggunakan barang elektronik dan mereka sangat peduli dengan alam. Termasuk anak muda dan remaja di sana, kehidupan mereka masih sangat tradisional dan jauh dari kemewahan seperti dewasa muda saat ini yang sedang berdiri dan berjalan. Mereka tidak mengenali ponsel dan internet. Meski sudah ada beberapa orang yang mengenal ponsel dan internet, namun mayoritas orang di sana tidak mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.